Cara Membersihkan Marmer Putih Langkah Demi Langkah - Supplier Marmer dan Granit, Cara Pasang Marmer, Tips Memilih Marmer, Desain Marmer, Merawat Marmer

Cara Membersihkan Marmer Putih Langkah Demi Langkah

Cara membersihkan marmer putih akan lebih sulit dibandingkan marmer berwarna gelap seperti hitam karena warnanya yang terang menjadikan noda lebih nampak di permukaannya. Untuk perawatan yang lebih mudah memang harus diawali dengan yang namanya pencegahan dimana sebisa mungkin batu marmer dijaga agar tetap bersih setiap hari. Jika ada noda dari cairan yang jatuh, maka sebaiknya harus segera dibersihkan saat itu juga agar tidak membekas.

Cara membersihkan marmer putih dari noda
Terlebih dahulu Anda harus tahu bagaimana cara membersihkan batu marmer putih dari noda dengan bahan-bahan alami atau cairan yang bisa digunakan untuk membersihkan marmer. Ikuti langkah-langkah berikut:
-          Pertama semprotlah bagian yang bernoda kotor tersebut dengan air
-       Setelah itu buatlah semacam pasta untuk membersihkan noda dengan mencampurkan baking soda ditambah air. Aduk keduanya sampai mengental seperti pasta lalu oleskan pasta tersebut ke permukaan marmer yang bernoda
-        Biarkan pasta tetap menempel sampai 24 jam, sambil ditutup dengan plastik
-      Bersihkan pasta tersebut setelah menunggu seharian dengan cara angkat tutup plastik, kemudian ambil kain lap halus dan basahi dengan air
-     Seandainya noda tetap bandel dan belum hilang ulangi cara yang sama sampai noda betul-betul terangkat
Selain menggunakan pasta yang terbuat dari campuran baking soda dan air, Anda juga memiliki alternatif lain dengan membuat pasta dari campuran sabun cuci piring dan tepung. Ingat untuk memilih produk sabun cuci piring yang tidak bersifat abrasif. Setelah itu, cukup lakukan petunjuk yang sama seperti di atas.

Solusi kedua adalah cara membersihkan marmer putih dengan cairan hidrogen peroksida, langkah-langkahnya yaitu:
-    Anda tidak perlu mencampurkan hidrogen peroksida dengan air, cukup dengan menuangkan sedikit cairan tersebut ke atas permukaan marmer yang bernoda.
-    Setelah itu diamkan selama kurang lebih 24 jam dan tutup dengan plastik.
-    Angkat plastik setelah menunggu sesuai waktu yang ditentukan, lalu bersihkan marmer dari cairan peroksida menggunakan kain lembab yang sudah dibasahi air. Ulangi jika noda tersebut masih belum hilang.

Ingat, saat memakai cairan hidrogen peroksida, berhati-hati dalam menggunakannya dan sebaiknya tidak dipakai untuk membersihkan bagian rumah dengan batuan marmer yang berwarna gelap karena hidrogen peroksida mempunyai sifat untuk mencerahkan, jadi sebaiknya gunakan saja pada misalnya lantai marmer yang putih seperti ini.

Sebagai catatan terakhir, saat tiba-tiba marmer putih terkena minyak berlemak, maka hilangkan terlebih dahulu minyak tersebut dengan cara menaburkan tepung jagung atau pati jagung di lantai marmer tersebut. Tepung tersebut akan membantu untuk menyerap minyak yang tumpah dan diamkan selama kira-kira 20 menit. Lalu, bersihkan pati jagung tersebut dengan kain yang dibasahi air.
Cara merawat marmer putih
Penting bagi Anda untuk tidak hanya tahu mengenai cara membersihkan marmer putih agar mengkilap, tetapi Anda juga perlu untuk mengetahui bagaimana merawat marmer putih:
1.      Lindungilah marmer dari goresan, apalagi benda tajam. Saat ingin meletakkan sesuatu di atas marmer, maka sebaiknya beri alas atau tatakan terlebih dahulu agar benda tersebut tidak langsung mengenai batuan marmer untuk mencegah goresan. Contohnya seperti kaki meja atau kaki kursi, gelas, pisau, dan berbagai ujung benda tajam lainnya.
2.      Bersihkanlah marmer sampai benar-benar kering, jika ada genangan air segera bersihkan karena nanti bisa menodai marmer/ ngeplak. Gunakanlah kain lembut saat membersihkannya.
3.      Kilapkanlah marmer memakai chamois. Apa itu chamois? Chamois ialah sebuah handuk yang halus serta lembut dimana dapat berguna tidak hanya untuk mengeringkan batuan marmer tetapi sekaligus juga mengilatkan marmer tersebut. Chamois adalah produk yang paling mudah digunakan untuk membuat marmer kembali berkilat dan kinclong. Alternatif lainnya yang bisa dipakai untuk mengilatkan marmer ialah krim poles mobil dengan kandungan aman bagi marmer.
4.   Bersihkan marmer dengan kain lap halus yang dibasahi air, lebih baik gunakan air hangat saat ingin membersihkan kotoran serta debu maupun noda tumpahan kecil yang menempel. Jangan menggosok marmer tersebut karena dapat berisiko menggoret batuan marmer, namun pakai gerakan memutar dengan diberi sedikit tekanan saat membersihkannya.
5.      Saat membersihkan marmer:
- Jangan memakai bahan pembersih yang mengandung zat terlalu asam seperti cuka karena dapat merusak marmer.
-  Lebih baik memakai bahan pembersih yang alami seperti sabun cuci piring, baking soda, dan kalau ingin memakai produk tertentu pilihlah yang memang diperuntukkan untuk membersihkan marmer.
-  Cairan pembersih marmer seperti hidrogen peroksida sangatlah bagus untuk membersihkan marmer berwarna terang seperti putih.

Itulah tadi berbagai macam cara membersihkan marmer putih dan juga perawatannya yang harus diperhatikan. Jika cara-cara di atas masih belum bisa membersihkan marmer Anda dari noda dan kotoran membandel apalagi terdapat goresan dalam, maka sebaiknya mintalah bantuan jasa profesional untuk mengatasinya segera. Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.