Cara Pasang Marmer dengan Metode Basah dan Kering - Supplier Marmer dan Granit, Cara Pasang Marmer, Tips Memilih Marmer, Desain Marmer, Merawat Marmer

Cara Pasang Marmer dengan Metode Basah dan Kering

Cara pasang marmer dapat dilakukan dengan dua metode yang berbeda. Metode tersebut adalah metode basah dan metode kering. Kedua metode ini sebenarnya memiliki tujuan yang sama yaitu memasangkan marmer ke tempat yang diinginkan dengan cara yang mudah untuk dilakukan sehingga dapat cepat diselesaikan serta murah biayanya. Seperti diketahui marmer banyak digunakan untuk melapisi bangunan karena bahan ini akan membuat bangunan jadi terlihat sangat mewah. Selain itu terdapat berbagai macam warna marmer yang dapat digunakan sehingga, pemilik bangunan dapat dengan lebih kreatif mempergunakan warna marmer yang berbeda untuk bagian bangunan yang berbeda pula. Material marmer dapat dipasang baik pada permukaan dinding atau sebagai ubin pada permukaan lantai bangunan.

Cara pasang marmer basah

Pertama mari kita lihat cara pemasangan marmer dengan menggunakan metode basah. Biasanya metode basah dilakukan untuk pemasangan marmer pada lantai, berikut adalah langkah yang harus dilakukan:

1.      Siapkan peralatan dan bahan
Sebelum memulai pemasangan jangan lupa untuk mempersiapkan semua peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk metode pemasangan marmer sistem basah.
2.      Cek kondisi marmer
Jangan lupa untuk mengecek kondisi marmer yang akan dipasangkan ke permukaan bangunan. Pastikan kondisi marmer sempurna tanpa adanya retakan atau goresan yang akan membuat marmer menjadi tidak cantik jika dipasang. Adanya retakan pada marmer juga akan membuat marmer mudah pecah setelah dipasang, sehingga harus benar-benar diperhatikan sebelum memasangnya.
3.      Periksa arah tekstur dan keseragaman warna
Setiap marmer memiliki tekstur dan warna yang berbeda-beda, karena itulah saat akan memasangkan marmer lebih baik mengikuti arah tekstur yang sama serta warna yang seragam. Saat memeriksa marmer, periksa juga arah teksturnya serta keseragaman warna antar semua marmer yang akan dipasang. Kemudian pasang-pasangkan dengan marmer lainnya agar warna dan tekstur yang dihasilkan nanti menjadi seragam dan cantik. Jika diperlukan gelar semua marmer untuk dilihat dan beri kode untuk masing-masing marmer agar tidak lupa arah tekstur yang diinginkan. Anda juga dapat merencanakan pola yang diinginkan agar hasil akhirnya lebih cantik lagi.
Terkadang ada supplier yang sudah melakukan langkah ini sehingga saat menerima marmer semuanya sudah diberi kode dan Anda tinggal memasangkannya saja. Akan lebih baik untuk mendapatkan marmer yang sudah diberi kode sehingga dapat mengurangi waktu pemasangan marmer. Selain itu supplier juga lebih dapat memastikan keseragaman warna dari marmer sehingga semua marmer yang Anda terima warnanya seragam.

4.      Siapkan permukaan pemasangan marmer
Cara pemasangan marmer yang benar hanya dapat dilakukan jika permukaan yang akan dipasang marmer dalam kondisi yang benar pula. Karena itulah pastikan permukaan sudah rata, di-scred, dan dalam keadaan kering sebelum dilakukan pemasangan marmer.
5.      Buat pola di lantai
Sebelum memasangkan marmer di lantai, lebih baik buatlah pola di lantai sesuai dengan pola yang sudah direncanakan tadi. Gunakan tali berkapur untuk memberikan tanda pada lantai sesuai pola yang diinginkan.
6.      Lapisi dengan perekat
Selanjutnya lapisi lantai dengan cairan perekat dan gunakan roskam bertakik untuk membuat garis lubang di permukaan perekat menggunakan takik tersebut. Pastikan garis lubang rata, jangan terlalu tebal, namun jangan pula terlalu tipis karena garis lubang tidak boleh menyentuh permukaan lantai.
7.      Pasangkan marmer
Lebih baik melapisi marmer secara satu persatu pola sehingga Anda juga dapat memasangkan marmer satu persatu. Beri jarak antar marmer dengan alat pembuat celah.
8.      Biarkan kering
Sebelum melakukan hal lainnya pastikan perekat sudah benar-benar kering. Biasanya memerlukan sekitar dua hari untuk kering.
9.      Isi nat dan bersihkan
Setelah kering baru isi celah antar marmer dengan nat dan biarkan kering. Biasanya memerlukan sekita sehari untuk kering, setelah itu baru bisa dibersihkan.

Cara pasang marmer sistem kering

Cara berikutnya adalah dengan metode kering yang biasanya dilakukan pada permukaan dinding. Untuk langkah pemasangannya sebenarnya sama, yang berbeda adalah metode ini tidak menggunakan cairan perekat untuk memasangnya, karena itulah metode pemasangan ini juga dianggap lebih murah bianyanya. Yang digunakan adalah kawat angkur karena pemasangan dilakukan pada permukaan yang vertical sehingga kawat angkur dapat menahan berat marmer. Berikut langkah yang berbeda:
1.      Setelah membuat pola di dinding, buat lubang di batu marmer sebagai tempat angkurnya dan buat pula tanda di dinding untuk letak paku, kawat angkur dan angkur.
2.      Pasangkan kawat angkur sesuai dengan pola yang ada di dinding dengan menggunakan paku. Kemudian pasang angkur sesuai dengan tandanya.
3.      Pasang marmer pada angkur yang sudah terpasang mulai dari vertikal baru ke horizontal.
4.      Isi nat dan bersihkan.

Demikianlah kedua cara pasang marmer dengan metode basah dan metode kering yang dapat digunakan untuk memasang marmer pada lantai serta dinding.

No comments

Powered by Blogger.