Tips Cara Merawat Lantai Marmer yang Benar - Supplier Marmer dan Granit, Cara Pasang Marmer, Tips Memilih Marmer, Desain Marmer, Merawat Marmer

Tips Cara Merawat Lantai Marmer yang Benar

Tips cara merawat lantai marmer sebaiknya betul-betul harus diperhatikan karena marmer perlu perawatan berkala agar lebih awet dan terjaga kebersihannya. Sebetulnya ada banyak alasan mengapa orang lebih memilih lantai marmer untuk interior rumahnya daripada material lain selain karena memang marmer adalah bahan yang kuat dan tahan lama. Marmer mempunyai desain yang menarik sehingga mampu mengubah penampilan ruangan menjadi lebih bagus. Sayangnya membersihkan marmer tidak boleh sembarangan, sebab bahan-bahan penyusunnya sendiri berbeda dengan material lainnya, jangan sampai marmer menjadi rusak setelah disentuh oleh produk-produk pembersih sembarangan.

Oleh karena itu, silahkan lanjutkan membaca untuk tahu tips cara merawat lantai marmer yang benar di bawah ini.

Tips cara merawat lantai marmer agar tetap berkilau dan bersih
Perawatan lantai marmer akan jauh lebih mudah jika Anda bisa menjaga lantainya agar tidak terlalu kotor karena cara perawatan marmer ini sendiri terdiri dari 2, yaitu cara membersihkan noda pada lantai dan yang kedua adalah bagaimana membersihkan lantai tersebut secara rutin tiap harinya.
Marmer sendiri memang cenderung mudah terkena noda, apalagi tergores serta pudar. Sehingga untuk merawat marmer sebaiknya Anda:
·         Lindungi marmer dari goresan dengan cara jangan memasang benda yang tajam langsung dan diletakkan di atas lantai marmer. Sebaiknya pasanglah pelapis tepat di bawah kaki kursi/ sofa dan meja Anda.
·         Bersihkanlah marmer secara rutin sebab jika marmer sudah terkena noda maka akan sangat cepat meresap, jadi akan susah untuk membersihkannya. Padahal aktivitas kita sehari-hari tanpa sengaja bisa membuat marmer bernoda seperti bekas tumpahan kopi, bubuk kari, dan sebagainya.
·         Gunakan bahan alami sebelum Anda mencapai alternatif memakai produk buatan pabrik saat ingin membersihkan lantai marmer, karena bahan alami biasanya tidak mengandung zat-zat yang justru akan merusak material marmer.
·         Keringkan setelah sukses bersihkan noda, pakailah lap kain yang kering dan bersih untuk mengeringkan lantai marmernya. 
Bahan pembersih marmer yang bisa dipakai
Di bawah ini beberapa pembersih lantai marmer yang bisa dipakai dari bahan-bahan alami seperti baking soda sampai dengan produk pabrikan, simak:
1.      Baking soda
Baking soda dapat dipakai untuk tips cara merawat lantai marmer dan bahan alami ini juga sangatlah mudah ditemukan. Baking soda sendiri selain digunakan untuk memasak, juga rupanya dapat dipakai sebagai bahan pembersih termasuk lantai marmer dengan cara:
·         Siapkan baskom/ ember berukuran kecil
·         Tuanglah air ke dalam ember, kemudian tuang baking soda sebanyak 1 sdm
·         Campurlah air dengan baking soda sampai rata dan menjadi pasta
·         Gunakan kain lap lantai yang berbahan halus kemudian diolesi dengan pasta baking soda tadi
·         Usaplah kain tersebut pada lantai marmer yang kena noda
Bahan seperti baking soda aman digunakan sebab tidak mudah menggores lantai marmer.
 
2.      Sabun cuci piring
Gunakan produk sabun cuci piring terpercaya untuk tips cara merawat lantai marmer dengan cepat dari noda. Selain untuk membersihkan piring, memang sabun ini juga bisa dipakai untuk membersihkan lantai dari marmer dengan cara:
·         Siapkan ember dan air hangat sebanyak ½ gayung
·         Tuang sabun cuci piring ke dalam ember berisi air hangat itu
·         Aduk hingga keduanya rata dan pakai kain lap halus untuk membersihkan noda di lantai marmer
·         Biarkan selama 5-10 menit kemudian baru bersihkan lagi dengan kain lap kering

3.      Deterjen cair
Deterjen ini efektif dalam membersihkan debu di permukaan lantai marmer. Namun sebelum dipakai pastikan bahwa produk deterjennya aman untuk membersihkan lantai tersebut. Caranya adalah memastikan tidak ada kandungan/ zat asam serta pemutih.
·         Siapkan baskom, lalu campurkan air 1 cangkir dengan cairan deterjen 1 sdm
·         Aduk hingga rata dan gunakan kain lap halus untuk dicelupkan ke dalam baskom berisi cairan deterjen tersebut
·         Gosoklah kain ke permukaan lantai yang kotor
Gunakan gerakan memutar ketika membersihkan lantainya dan pastikan noda serta kotoran yang menempel betul-betul sudah bersih.
Hal yang harus diperhatikan saat merawat lantai marmer
Ada hal-hal yang penting untuk diperhatikan dalam tips cara merawat lantai marmer di tiap ruangan Anda, yaitu:
ü  Sebaiknya memakai pembersih lantai khusus marmer daripada memakai produk pembersih lantai biasa kalau memang perlu
ü  Jangan memakai pembersih ubin keramik, karena akan membuat marmer malah nampak kusam
ü  Hindari bahan yang bersifat asam seperti cuka untuk menghilangkan noda pada lantai marmer
ü  Jangan pakai kain kasar apalagi spons cuci piring yang terbuat dari kawat halus untuk membersihkan lantai marmer
ü  Sebaiknya sebisa mungkin hindari mesin penyedot debu karena mesin dan penyedotnya bisa menggores lantai marmer

Anda juga perlu melakukan beberapa pencegahan selain hanya memperhatikan tips cara merawat lantai marmer, misalnya menaruh keset di depan pintu masuk untuk menyaring kotoran/ debu yang menyangkut di sol sepatu sebelum masuk ke rumah, dsb. Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.