Cara Mengkilapkan Marmer dan Trik Sederhana yang Bisa Dilakukan Sendiri - Supplier Marmer dan Granit, Cara Pasang Marmer, Tips Memilih Marmer, Desain Marmer, Merawat Marmer

Cara Mengkilapkan Marmer dan Trik Sederhana yang Bisa Dilakukan Sendiri

Cara mengkilapkan marmer memang ada banyak, mulai dari cara yang paling rumit dan susah hingga cara yang sederhana sekalipun. Untuk cara yang cukup rumit, tekniknya biasanya disebut dengan teknik poles kristalisasi. Sedangkan cara yang sederhana, bisa dilakukan dengan trik-trik sederhana dengan bahan-bahan sederhana.

Cara Mengkilapkan Marmer dengan Teknik Poles Kristalisasi
Cara mengkilatkan lantai marmer dengan teknik poles kristalisasi ini cukup populer di bidang konstruksi bangunan. Hanya saja, orang awam kemungkinan besar tidak bisa melakukannya. Jadi, dibutuhkan tenaga ahli atau tukang batu yang memang sudah berpengalaman untuk mengerjakannya.
Untuk teknik poles kristalisasi ini, bahan dan alat yang diperlukan antara lain:
  • Batu gerinding
  • Bellinzoni
  • Kanebo
  • Mesin polisher
  • Obat kristal kuning
  • Obat kristal putih
  • Spon pad halus (putih)
  • Spon pad sedang (merah)
Tahapan-tahapan utama poles kristalisasi dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut:
  1. Tahap pengupasan
Tahap pengupasan atau tahap gerinding ini dilakukan dengan tujuan agar baret atau permukaan marmer yang tidak rata bisa diratakan. Tahapan ini menggunakan batu gerinding dan mesin polisher. Caranya adalah dengan menjalankan mesin polisher yang sudah dipasangi batu gerinding pada permukaan marmer hingga permukaan bena-rbenar rata. Proses diakhiri dengan pembersihan sisa debu atau lumpur yang ada di permukaan marmer.
  1. Tahap kristalisasi
Tahapan ini adalah tahapan inti, yaitu dengan mengaplikasikan cairan pengkilap marmer. Pertama, obat kristal putih ditaburkan secara merata di atas permukaan marmer. Basahi dengan air secukupnya. Gunakan spon pad merah dan pasang pada mesin polisher. Nyalakan mesin dan gosok permukaan marmer secara merata. Bilas dengan air dingin, lalu keringkan. Lakukan cara yang sama untuk obat kristal kuning. Taburkan obat kristal kuning secara merata pada permukaan marmer. Beri sedikit air. Jalankan mesin polisher secara merata. Jika marmer sudah mengkilap, bilas dengan air dan keringkan dengan kanebo.
  1. Tahap pelapisan
Tahapan akhir ini dilakukan untuk melapisi marmer agar tidak mudah terkena noda dan kotoran nantinya. Tahapan ini menggunakan bahan bellizoni. Caranya adalah dengan mengaplikasikan bellizoni secara merata pada permukaan marmer. Pasang spon pad putih pada mesin polisher. Ratakan permukaan marmer dengan mesin tersebut hingga benar-benar rata. Pastikan tidak ada gelombang para permukaan marmer agar hasilnya maksimal. Jika proses sudah selesai, marmer sudah mengkilap dan aman dari noda.
Cara Mengkilapkan Marmer dengan Teknik Sederhana
Jika tidak memiliki biaya yang cukup untuk melakukan teknik kristalisasi, mungkin tips mengkilapkan marmer dengan teknik sederhana berikut ini bisa dipertimbangkan. Apa saja teknik tersebut?
  1. Garam
Siapa sangka, ternyata garam bisa menjadi bahan alami untuk mengkilapkan marmer. Caranya adalah dengan mengaplikasikan garam dengan lap basah pada area marmer yang dikehendaki. Gosok dengan pelan agar tidak ada goresan. Pastikan marmer sebelumnya sudah dicuci dan dibersihkan. Setelah selesai, bilas dengan air dingin dan keringkan permukaan marmer dengan kain yang lembut dan kering.
  1. Malam extra-virgin
Malam extra-virgin adalah bahan kimia residu minyak bumi yang bisa digunakan untuk membantu mengkilapkan marmer. Bahan ini bisa didapatkan di toko bahan kimia. Caranya adalah dengan menggosokkan malam tersebut pada permukaan lantai marmer. Bahan kimia ini akan memberi lapisan baru pada permukaan marmer.
  1. Gasoline
Gasoline adalah salah satu bahan kimia yang berasal dari minyak gas. Cara mengkilaplan marmer dengan bahan kimia ini adalah dengan mengaplikasilannya pada permukaan marmer secara lembut. Setelah kering, marmer akan memiliki lapisan baru yang membuatnya berkilau.
  1. Aerosol
Aerosol adalah bahan kimia untuk membersihkan kayu. Biasanya, bahan ini bisa didapatkan dengan mudah di toko bahan bangunan. Penggunaan aerosol untuk mengkilapkan marmer ini bisa dilakukan karena aerosol juga mengandung residu minyak bumi seperti malam. Caranya adalah dengan mengaplikasikannya pada permukaan marmer yang rata.
  1. Pembersih kaca
Pembersih kaca semprot juga bisa digunakan sebagai bahan untuk mengkilapkan marmer. Fungsinya juga berguna untuk membersihkan marmer dari debu dan kotoran. Caranya adalah sama dengan cara ketika membersihkan kaca. Gunakan kain lap yang lembut agar marmer tidak tergores.
  1. Semir sepatu (untuk marmer hitam)
Untuk marmer yang berwarna hitam, penggunaan semir sepatu ternyata juga bisa membantu mengkilapkan permukaan marmer. Caranya juga mudah, yaitu dengan mengaplikasikan semir sepatu pada bagian marmer yang dikehendaki. Namun jangan gunakan sikat sepatu karena akan menggores permukaan marmer. Cara ini bisa dilakukan untuk mengkilapkan sebagian kecil permukaan marmer. Misalnya jika ada marmer hitam yang tergores di beberapa bagian saja.

Itulah beberapa cara mengkilapkan marmer dengan teknik poles kristalisasi dan tips-tips sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.